Info RSI Syam

Alamat:
Jl. Teratai No. 220 depan Kantor Disperindag

Kontak:
Info : 0853 7521 5640 (Ust. Ikhwan Abdullah)

Waktu Praktek :
Jum'at : Libur
Minggu : Jam 13.00 - 17.00
Hari Lain : Jam 08.30 - 17.30

Catatan : INFO DAN KONSULTASI TENTANG TERAPI DI RSI SYAM MOHON UNTUK HANYA MENGHUBUNGI NO KONTAK UST. IKHWAN ABDULLAH. JAZAKUMULLAH KHOIR

Kalender Hijriyah


RSI Syam On Facebook

Artikel

Pengunjung

Page Rank

Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 18 Maret 2015

Nasehat Untuk Ahli Medis || RSI Syam Call, 0853 7521 5640

DR. ‘Ali bin Sulaiman Ar-Rumaikhon 

(Penyusun Buku Fiqh Pengobatan Islami; Al Qawwam Solo 2008)
Dengan menyebut nama Alloh. Segala puji bagi Alloh. Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Rosulullo SAW. Wa ba’d:
            Saudaraku, rekanku, para dokter muslim yang senantiasa mengharapkan apa yang ada disisi Alloh, dan selalu takut akan siksa-Nya. Kusuarakan panggilan dan harapan ini kepada kalian semua.
Saudaraku !!! Sesungguhnya profesi kalian termasuk yang paling agung dan paling mulia, kalau betul- betul kalian ikat dengan ketaqwaan kepada Alloh SWT dan  kalian simpulkan dengan ibadah kepada-Nya.
Karena orang sakit itu datang menemuimu, menaruh kepercayaan pada ucapan dan resep obat yang engkau berikan. Kalian sangat dipercaya. Oleh sebab itu, kalian wajib bersikap jujur terhadapnya. Jangan sia-siakan waktu dan upaya kalian, demikian juga waktu dan harta benda pasien, jangan sampai terbuang sia-sia.
            Saudaraku sesama ahli medis. Aku hanya ingin sekedar memperingatkan saja. Kalian harus memberikan resep yang tepat dan paling berkhasiat, namun tidak banyak menanggung beban. Berikan kepadanya resep yang ia perlukan saja. Sebisa mungkin agar meminimalisir penggunaan beragam obat-obatan, karena obatan pasti mempunyai efek samping bagi tubuh manusia. Karena itulah Ibnu Qayyim mengungkapkan, “ Tidak sepantasnya bagi seorang dokter dengan mudahnya menberikan berbagai obat kepada para pasiennya. Karena bila obat- obatan tidak menemukan penyakit yang dapat di analisanya dalam tubuh, atau mendapatkan ada penyakit, namun tidak cocok, ataupun mendapatkan penyakit yang cocok dengannya, namun demikian ada penambahan dosis dan aturan pemakiannya, maka justru akan menggeroti dan menggangu kesehatan.”  Jika engkau renungkan ucapan ini dengan seksama wahai saudaraku ahli medis, pasti engkau dapatkan semua ini benar adanya.
            Ibnu Qayyum juga bertutur,”Para ahli medis sepakat, bahwa bila memungkinkan  berobat dengan menggunakan menu makanan dan diet menjauhi pantangan, maka pengobatan tidak dialihkan menggunakan obat- obatan. Kalau dimungkinkan menggunakan obat yang sederhana, maka tidak beralih pada obat yang berat.”
            Karena itu wahai saudaraku, engkau mengemban tanggung jawab di hadapan Alloh SWT dalam hal resep dan advis (nasihat) yang engkau berikan  kepada pasienmu. Bertaqwalah kepada Alloh dalam hal  tersebut.
            Janganlah terapi terhadap pasienmu hanya berkutat sebatas fisik semata, namun engkau harus juga memasukan kesejukan pada hati mereka melalui ucapan yang dapat menyegarkan kondisi  rohani mereka, membugarkan gerak badan mereka, dan menepis keresahan dan kegundahan hati mereka. Dalam hal ini, cermin teladanmu adalah Rosululloh SAW, sang dokter seluruh umat manusia. Karena itu , engkau harus menjembatani pasienmu untuk membangun komunikasi dengan Alloh SWT. Beritakan juga kepada mereka bahwa apa yang menimpa mereka semata- mata datang dari Alloh. Dan mereka akan mendapatkan pahala atas apa yang menimpa mereka. Karena bila hati bertaut dengan Alloh Rab  semesta alam, Sang Pencipta sakit dan obatnya, Sang Pengatur jagad raya ini, maka hati ini akan menemukan obat lain, berbeda dengan obat dari penyakit yang di derita hati yang jauh dari Alloh dan menyimpang dari-Nya. Sebagaimana diketahui , bahwa kondisi rohani dalam keadaan kuat dan begitu pula kondisi jiwa, keduanya akan bahu membahu menolak dan penyakit dan mengalahkannya.
            Sebagai penutup, aku mengharap dari Alloh agar senantiasa membimbingmu dan meluruskan langkahmu. Amiin.


Rumah Sehat Islam (RSI) SYAM Pekanbaru
Jl. Teratai No 220, Sukajadi, Pekanbaru,
Riau-Indonesia
Call: 0853 7521 5640
(Ust. Ikhwan Abdullah)

0 komentar: